Kamis, 01 Juni 2017

TANTANGAN HARI 10 KOMUNIKASI PRODUKTIF DAY 1

Jumat 02 juni 2017, hari ini saya mulai berlatih poin panduan komunikasi untuk anak. Ini adalah tantangan hari pertama. Hari ini saya akan memilih untuk berlatih Keep Information Short & Simple (KISS). Teori tentang KISS ini adalah menggunakan kalimat tunggal, bukan kalimat majemuk

⛔Kalimat tidak produktif :

“Nak, tolong setelah mandi handuknya langsung dijemur kemudian taruh baju kotor di mesin cuci ya, sisirlah rambutmu, dan jangan lupa rapikan tempat tidurmu.



✅Kalimat Produktif :

“Nak, setelah mandi handuknya langsung dijemur ya” ( biarkan aktivitas ini selesai dilakukan anak, baru anda berikan informasi yang lain).

Ceritanya anak saya kevin avicenna islamay (3 tahun). Setiap habis minun susu, dot nya langsung dilempar dan dibuang. Hari ini saya mau latih si kevin kalimat perintah tunggal agar kevin taruh dot habis minumnya di tempat cucian piring.



Kevin : bunda, bikinin susu ?

Saya : iya nak ini bunda buatin. Bilang apa sudah bunda buatin susu?

Kevin : terimakasih. ( minum susu sampai habis). ( seperti biasa begitu habis di lempar)

Saya : nak, setelah minum susu, botol nya taruh di cucian piring yaa.

Kevin. : (diam saja, tdk melaksanakn perintah) tetep asik main sm mobilannya.
Bunda. : ayo nak bunda ajarin cara taruhnya.

Kevin. : ambil dot sambil jalan ke dapur terus taruh botol dotnya.

Bunda : yee, pintar anak bunda sudah bisa taruh botol dotnya di cucian piring sendiri.

Kevin : tersenyum

#level1
#day1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip



Tidak ada komentar:

Posting Komentar