Minggu, 26 Februari 2017

IIP NHW#5 DESAIN PEMBELAJARAN



---------------------------------------------------------

_NICE HOMEWORK #5_
_MATRIKULASI INSTITUT IBU PROFESIONAL BATCH #3_

📝 *BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR*📝 (Learning How to Learn)

Setelah malam ini kita mempelajari tentang “Learning How to Learn” maka kali ini kita akan praktek membuat *Design Pembelajaran* ala kita.

Kami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan "learning how to learn" dalam membuat NHW #5.

Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu design pembelajaran.

Bukan hasil sempurna yg kami harapkan, melainkan "proses" anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yg perlu anda share kan ke teman-teman yg lain.

Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini
Desain Pembelajaran ?
Apa itu definisi desain pembelajaran?


Desain pembelajaran adalah praktik penyusunan media teknologi komunikasi dan isi untuk membantu agar dapat terjadi transfer pengetahuan secara efektif antara guru dan peserta didik. Proses ini berisi penentuan status awal dari pemahaman peserta didik, perumusan tujuan pembelajaran, dan merancang "perlakuan" berbasis-media untuk membantu terjadinya transisi. Idealnya proses ini berdasar pada informasi dari teori belajar yang sudah teruji secara pedagogis dan dapat terjadi hanya pada siswa, dipandu oleh guru, atau dalam latar berbasis komunitas. Hasil dari pembelajaran ini dapat diamati secara langsung dan dapat diukur secara ilmiah atau benar-benar tersembunyi dan hanya berupa asumsi(wikipedia).

Desain pembelajaran adalah pengembangan secara sistematis dari spesifikasi pembelajaran dengan menggunakan teori belajar dan pembelajaran untuk menjamin kualitas pembelajaran. Proses perancangan dan pengembangan ini meliputi segala proses analisis kebutuhan pembelajaran, tujuan dan pengembangan sistem untuk mencapai tujuan,. pengembangan bahan dan aktivitas pembelajaran, uji coba dan evaluasi dari seluruh pembelajaran dan aktivitas peserta didik( brooks & brooks, 1993)





Desain adalah sebuah istilah yang diambil dari kata design (Bahasa Inggris) yang berarti perencanaan atau rancangan. Ada pula yang mengartikan dengan “Persiapan”. Di dalam ilmu manajemen pendidikan atau ilmu administrasi pendidikan, perencanaan disebut dengan istilah planning yaitu “Persiapan menyusun suatu keputusan berupa langkah-langkah penyelesaian suatu masalah atau pelaksanaan suatu pekerjaan yang terarah pada pencapaian tujuan tertentu”. Herbert Simon (Dick dan Carey, 2006), mengartikan desain sebagai proses pemecahan masalah.Tujuan sebuah desain adalah untuk mencapai solusi terbaik dalam memecahkan masalah dengan memanfaatkan sejumlah informasi yang tersedia.


Komponen-komponen dalam suatu desain pembelajaran menurut Kemp adalah:
a. Mengidentifikasi masalah dan menetapkan tujuan pembelajaran.
b. Menentukan dan menganalisis karakteristik siswa.
c. Mengidentifikasi materi dan menganalisis komponen-komponen tugas belajar yang terkait dengan pencapaian tujuan pembelajaran.
d. Menetapkan tujuan pembelajaran khusus bagi siswa.
e. Membuat sistematika penyampaian materi pelajaran secara sistematis dan logis.
f. Merancang strategi pembelajaran.
g. Menetapkan metode untuk menyampaikan materi pelajaran.sarana
h. Mengembangkan instrument evaluasi.
i. Memilih sumber-sumber yang dapat mendukung aktifitas pembelajaran.


Desain Pembelajaran Model Kemp ini dirancang untuk menjawab tiga pertanyaan, yakni :[4]
a. Apa yang harus di pelajari siswa (tujuan pembelajaran ).
b. Apa atau bagaimana prosedur,dan sumber- sumber belajar apa yang tepat untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan (kegiatan, media, dan sumber belajar yang digunakan).
c. Bagaimana kita tahu bahwa hasil belajar yang diharapkan telah tercapai (evaluasi)

DESAIN PEMBELAJARAN ANAK SAYA KEVIN AVICENNA UMUR 2TAHUN 8BULAN

- HAKIKAT ANAK USIA DINI :
a. Pengertian anak usia dini
b. Pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini
c. Faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak usia dini
d. Karakteristik anak usia dini.

- PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
a. Pengertian belajar
b. Perencanaan pelaksanaan pembelajaran
c. Inti pembelajaran
d. Pembentukan kelas

- METODE PEMBELAJARAAN
a. Tanya jawab
b. Pembiasaan
c. Keteladanan
d. Bermain
e. Bercerita
F. Bernyanyi
G. Wisata alam


SUMBER:
Rusman, Model-Model Pembelajaran, (Bandung: PT RajaGrafindo Persada, 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar