Sabtu, 04 Maret 2017

Mendidik Dengan Kekuatan Fitrah Resume Diskusi Materi 4

🌸 RESUME DISKUSI REVIEW MATERI Ke 4

Bismillah…..

Kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional Lampung Batch #3

Selasa, 14 Februari 2017.

Fasilitator : Indarwati

Ketua Kelas/Moderator : Etika Indah Febriyani

Korming 4/Notulen : Upi Fitriyanti

PROGRAM MATRIKULASI IBU PROFESIONAL SESI #4

💮💮💮MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FITRAH💮💮💮

Bunda, setelah kita memamahi bahwa salah satu alasan kita melahirkan generasi adalah untuk membangun kembali peradaban dari dalam rumah kita, maka semakin jelas di depan mata kita, ilmu-ilmu apa saja yang perlu kita kuasai seiring dengan misi hidup kita di muka bumi ini. Minimal sekarang anda akan memiliki prioritas ilmu-ilmu apa saja yang harus anda kuasai di tahap awal, dan segera jalankan, setelah itu tambah ilmu baru lagi. Bukan saya, sebagai teman belajar anda di IIP selama ini, maupun para ahli parenting lain yang akan menentukan tahapan ilmu yang harus anda kuasai, melainkan *_DIRI ANDA SENDIRI_*

Apakah mudah? TIDAK. Tapi yakinlah bahwa kita bisa membuatnya menyenangkan. Jadilah diri anda sendiri, jangan hiraukan pendapat orang lain. Jangan silau terhadap kesuksesan orang lain. Mereka semua selalu berjalan dari KM 0, maka mulai tentukan KM 0 perjalanan anda tanpa rasa “galau”.

Inilah sumber kegalauan diri kita menjalankan hidup, kita tidak berusaha memahami terlebih dahulu apa“misi hidup” kita sebagai individu dan apa “misi keluarga” kita sebagai sebuah komunitas terkecil. Sehingga semua ilmu kita pelajari dengan membabi buta dan tidak ada yang dipraktekkan sama sekali. Semua seminar dan majelis ilmu offline maupun online kita ikuti, karena kekhawatiran tingkat tinggi akan ketertinggalan ilmu kekinian, tapi tidak ada satupun yang membekas menjadi jejak sejarah perjalanan hidup anda.

Check List harian sudah anda buat dengan rapi di Nice Homework#2, surat cinta sudah anda buat dengan sepenuh hati di Nice Homework #3. Bagi yg sudah menemukan misi hidup dan misi keluarga, Misi tersebut sudah kita tulis besar-besar di dinding kamar, tapi anda biarkan jadi pajangan saja. Maka “tsunami informasilah” yang anda dapatkan, dan ini menambah semakin tidak yakinnya kita kepada “kemampuan fitrah” kita dalam mendidik anak-anak.

“ *Just DO It*”,

_lakukan saja meskipun anda belum paham, karena Allah lah yang akan memahamkan anda lewat laku kehidupan kita_.

Demikian juga dengan pendidikan anak-anak. Selama ini kita heboh pada _Apa yang harus dipelajari anak-anak kita_, bukan pada _Untuk apa anak-anak mempelajari hal tersebut_ Sehingga banyak ibu-ibu yang bingung memberikan muatan-muatan pelajaran ke anak-anaknya tanpa tahu untuk apa anak-anak ini harus melakukannya.

Ada satu kurikulum pendidikan yang tidak akan pernah berubah hingga akhir jaman, yaitu

💮💮💮PENDIDIKAN ANAK DENGAN KEKUATAN FITRAH💮💮💮

Tahap yang harus anda jalankan adalah sbb:

a.Bersihkan hati nurani anda, karena ini faktor utama yang menentukan keberhasilan pendidikan anda.

b. Gunakan Mata Hati untuk melihat setiap perkembangan fitrah anak-anak. Karena sejatinya sejak lahir anak-anak sudah memiliki misi spesifik hidupnya, tugas kita adalah membantu menemukannya sehingga anak-anak tidaka kan menjadi seperti kita, yang telat menemukan misi spesifik hidupnya.

c. Pahami Fitrah yang dibawa anak sejak lahir itu apa saja. Mulai dari fitrah Ilahiyah, Fitrah Belajar, Fitrah Bakat, Fitrah Perkembangan, Fitrah Seksualitas dll.

d. Upayakan proses mendidik yang sealamiah mungkin sesuai dengan sunatullah tahap perkembangan manusia. Analogkan diri anda dengan seorang petani organik.

e. Selanjutnya tugas kita adalah MENEMANI, sebagaimana induk ayam mengerami telurnya dengan merendahkan tubuh dan sayapnya, seperti petani menemani tanamannya. Bersyukur atas potensi dan bersabar atas proses.

Semua riset tentang pendidikan ternyata menunjukkan bahwa semakin berobsesi mengendalikan, bernafsu mengintervensi, bersikukuh mendominasi dsbnya hanya akan membuat proses pendidikan menjadi semakin tidak alamiah dan berpotensi membuat fitrah anak anak kita rusak.

f. Manfaatkan momen bersama anak-anak, bedakan antara WAKTU BERSAMA ANAK dan WAKTU DENGAN ANAK. Bersama anak itu anda dan anak berinteraksi mulai dari hati, fisik dan pikiran bersama dalam satu lokasi. Waktu dengan anak, anda dan anak secara fisik berada dalam lokasi yang sama, tapi hati dan pikiran kita entah kemana.

g. Rancang program yang khas bersama anak, sesuai dengan tahap perkembangannya, karena anak anda “very limited special edition”

Bunda, mendidik bukanlah menjejalkan, mengajarkan, mengisi dsbnya. Tetapi pendidikan, sejatinya adalah proses membangkitkan, menyadarkan, menguatkan fitrah anak kita sendiri.

Lebih penting mana membuat anak bergairah belajar dan bernalar atau menguasai banyak pelajaran, lebih penting mana membuat mereka cinta buku atau menggegas untuk bisa membaca.

Jika mereka sudah cinta, ridha, bergairah maka mereka akan belajar mandiri sepanjang hidupnya.

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi Ibu Profesional/

Sumber bacaan :
_Irawati Istadi, Mendidik dengan Cinta, Jogjakarta, 2013_
_Harry Santosa dkk, Fitrah Based Education, Jakarta, 2016_
_Antologi, Komunitas Ibu Profesional, Bunda Sayang, Surakarta, 2014_
_Materi Matrikulasi sesi #3, Membangun Peradaban dari Dalam Rumah, 2017_

SESI TANYA JAWAB

♳Ita Susanti_Bandar Lampung
Saya working mom dengan 3 anak (6y,3y,9m). Sy jg tdk pnya pembantu. Hanya ada ibu saya yang menjaga anak2 ketika sy n suami bekerja. Pekerjaan rmh sy n suami yg melakukan.bagaimana saya bs membuat program khas utk masing2 anak dengan keterbatasan waktu yang sy miliki dg mrka? Sepulang krja sy lgsg main dg mrka tp hnya bermain yang tdk diprogram. Malah trkadang anak2 saya sibuk bermain sepeda atau sepatu roda dengan temannya.mohon sarannya agar saya bisa membuat ragam kegiatan yang menarik dan mendidik untuk anak saya.

Jawab
💓mba ita,karena waktu utk membersamai anak2 mba ita terbatas maka ada beberapa hal yg perlu dilakukan mba ita sebagai ibu:

💓Melibatkan serta melatih orang lain(dlm hal ini ibu mba ita) dalam hal pengasuhan anak agar bisa menjadi pendamping yg baik bagi anak kita ketika tidak bersama kita

💓Membuatkan program khas yg sesuai dengan tahap perkembangan anak2 kita utk waktu beberapa bln kedepan

💓Mendelegasikan pelaksanaan beberapa program buat anak2 yg bisa didampingi ibu atau asisten RT dengan pentunjuk dari kita ketika kita bekerja

(Misal:bunda sudah buatkan playdough buat kakak dan adik nt kalian buat sesuatu bersama nenek atau si mbak nanti plg kerja bunda liat hasilnya ya)

💓optimalkan waktu weekand utk bisa membersamai anak2 dengan membuat program aktivitas bersama (bisa cooking, berkebun, berenang dll)

Tambahan pertanyaan dari Fitri Yuliastuti

Program yg khas untuk anak usia 5thn itu apa ya?

Jawab
Menambahkan ya mbak in, untuk ide2 permainan sesuai usia, saya sering mencari melalui pinterest, buku2 ide permainan anak spt 365 kreasi seru, ada juga di website http://indonesiamontessori.com/category/activities-for-3-years-or-older/

♴Reni ummu ghoza-bandarlampung

sebenernya hampir semua point ingin saya tanyakan😊

Tapi saya tanya poin g. Tentang mendidik anak sealamiah mungkin, saya masih meraba raba bagaiman caranya? Bisa dengan contohnya yg seperti apa.

Jawab:
💓Semua riset tentang pendidikan menunjukkan semakin terobsesi mengendalikan,bernafsu utk mengintervensi, besikukuh mendominasi dsb hanya akan membuat proses pendidikan tidak alamiah dan berpotensi membuat fitrah anak kita rusak"

💓Artinya bahwa mendidik anak sealamiah mungkin disini kita tidak terlalu mendominasi,tdk berlebihan dalam proses pendidikannya, biarkan proses fitrah si anak berjalan.

Contohnya:ketika memilih sekolah, libatkan anak sesuai dengan ketertarikannya dan kenyamanan fitrahnya

♵Fitri yuliastuti-Mesuji Lampung

Yang ingin saya tanyakan :

1. Bagaimana memahami fitrah anak yg dibawa sejak lahir?

2. Apa indikator anak bergairah belajar, bernalar Dan cinta buku?

3. Apa Yang disebut mendidik anak secara alamiah?

Jawab
💓Memahami fitrah anak pada tahapan usianya bisa dilakukan dengan cara:

Pada anak usia 2-7 thn ajaklah anak utk "tour de talents" mengenal sebanyak-banyaknya aktivitas di muka bumi ini

Pada usia 7-10thn, anak2 mulai mencoba satu persatu dan boleh berganti-ganti

Pada usia 10-14thn latih anak utk selesai akan pilihannya,jgn cepat2 ganti,boleh ganti setelah tahapannya selesai.

Pada usia 14 thn keatas,anak sudah mulai menentukan apa yg ingin dipelajarinya dengan fokus

💓indikator anak bergairah belajar,bernalar dan cinta buku

-Rasa ingin tau terhadap sesuatu yg besar(penasaran)

-ketertarikannya terhadap buku tinggi (sampai pada ingin tau isinya)

💓mendidik secara alamiah bisa liat jawaban diatas ya

Sumber:diskusi matrikulasi bacth#2 kordi

♶Eka Ediawati
Bagaimana cara kita sebagai ibu mendidik dengan membangkitkan fitrah anak.?

Jawab
💓jawabannya ada di point ke-2 pertanyaan sebelumnya

♷Heni Puspita - Bandar Lampung
1. Insyaa Allah setiap hari saya selalu meluangkan waktu untuk menemani anak. Dulu saat merantau & terpisah dari orangtua, anak saya mau dan bisa bermain sendiri pada saat2 ibunya memang harus mengerjakan pekerjaan rumah. Tapi karena di sini ada keluarga lain yang ingin anak selalu diawasi kalau bermain, sekarang ia jarang mau main sendiri, saya benar2 harus ikut main dan memperhatikan, sementara kadang ada pekerjaan yg memang harus dilakukan seperti menyapu lantai (misal krn ada semut/serangga lain), atau saat harus mengurus adik bayinya. Bagaimana ya supaya ia mau lebih mandiri dan tidak harus terus menerus ditemani?

2. Saat saya sdg tidak bisa menemani anak main, karena tidak mau anak saya rewel/lari2/lompat2/main di halaman, ia disetelkan TV oleh anggota klrg lain. Yang disetel memang hanya program semacam BabyTV. Tapi anak jd 'memanfaatkan' hal itu, jadi rewel supaya bisa nonton TV dan jadi berkurang antusiasnya kalau diajak main di halaman & diajak belajar sambil bermain. Bagaimana ya solusinya?

3. Ada banyak perbedaan gaya asuh & mendidik anak antara saya-suami & anggota keluarga lain. Bbrp bulan lagi kebetulan kami akan pindah rumah terpisah dari keluarga. Salah tidak ya jika salah satu alasan memutuskan pindah adalah supaya anak tidak bingung dengan pola asuh yg berbeda2? Di satu sisi ingin lebih mandiri & tidak merepotkan, juga supaya tidak terjadi konflik akibat pengasuhan anak. Di sisi lain ada rasa bersalah meski kami pindah tidak jauh dari rmh keluarga.

Jawab
💓mba heny, seiring bertambahnya usia anak akan mencopy apa yg dilakukan orang sekitarnya. Bisa jadi ketidakmandiriannya karena perilaku anggota keluarga didlm rumah.Sebaiknya komunikasikan dengan suami, silakan dipilih yg lebih rasional,apakah kita yg melatih mereka (dalam hal ini anggota keluarga dirmh) utk mengubah perilakunya atau justru kita yg hrs berpindah jauh dari sisi geografis sehingga anak tdk mudah terpengaruh

💓Kita yg harus tegas dan berani, menjelaskan bahwa itu bukan solusi buat anak kita, bila perlu carikan aktivitas yg bisa mengalihkan perhatian ke TVnya, butuh perjuangan berat memang ketika banyak orang dewasa didlm rumah yg memberikan perlakuan yg berbeda2 pada anak kita.

💓Komunikasikan dengan baik, tetap jaga hubungan silaturahmi, klu pilihan itu dirasa paling tepat jgn ragu2 mba jalani saja

♸riantika-bandar lampung
1.seperti apakah konkrit nya yg dimaksud bentuk fitrah illahiyah,fitrah belajar,fitrah bakat,fitrah perkembangan dan fitrah seksualitas itu?

2.lalu bagaimana langkah konkrit atau contoh konkrit nya mendidik anak dengan fitrah?

Terimakasih untuk jawabannya
Wassalamualaikum wr wb

Jawab
💓Fitrah Illahiyah/Fitrah Iman : bahwa seorang anak lahir sdh membawa fitrah ini. Buktinya apa? Dahulu kala, sebelum kita lahir, kita telah membuat perjanjian dan bersaksi pada Sang Pencipta. Maka, dengan proses penumbuhan iman yang tepat, seorang anak akan dengan mudah cinta pada Rabbnya. Disinilah pentingnya menumbuhkan "cinta sebelum iman".

💓Fitrah Belajar : bahwa setiap manusia lahir adalah seorang pembelajar yang tangguh. Buktinya, tidak pernah ditemukan bayi yang belajar berjalan dan jatuh, lalu bayi tsb berhenti tidak mau belajar berdiri lagi. Maka, salah satu contoh menumbuhkan fitrah ini adalah dg "menemukan gaya belajar" anak.

💓Fitrah Bakat : bahwa setiap manusia lahir sepaket dengan bakat unik yang dititipkan bersamanya. Nantinya keunikannya itu akan menjadikannya memiliki peran spesifik di muka bumi.

💓Fitrah Perkembangan : bahwa setiap bayi sampai aqil baligh akan melewati tahap-tahap perkembangan yang harus diikuti. Dalam hal ini tidak berlaku kaidah lebih cepat lebih baik. Dan karena setiap individu itu unik, maka jangan pernah bandingkan perkembangan seorang anak dg anak orang lain. Bandingkanlah setiap perkembangan dlm hidupnya dengan dirinya sendiri di masa lalu.

💓Fitrah Seksualitas : bahwa sudah jelas manusia lahir dengan gendernya masing2. Maka, tumbuhkan fitrah ini dengan jelas pada anak agar tidak terjadi penyimpangan seksualitas. Jelaskan bahwa dia seorang laki atau perempuan. Contoh : anak perempuan akan memahami fitrahnya sebagai ibu dan anak laki akan memahami fitrahnya sebagai bapak/imam keluarga. Biasanya, untuk fitrah seksualitas, di saat usia anak 10-14 th, anak perempuan didekatkan ke ayahnya, dan anak laki ke ibunya. Agar kebutuhan psikis untuk dekat dengan lawan jenis terpenuhi di diri orangtuanya. Sehingga hal ini membuat anak tidak lagi ingin pacaran di usia remajanya.

💓contoh konkritnya, ya tahapan mendidik dengan fitrahnya dijalankan ke anak, seperti sudah dijelaskan diatas sesuai tahap usianya

sumbernya dari buku Fitrah Based Education,ustadz Harry Santosa

Pertanyaan Tambahan

✏ Pratiwi Wahyuningsih
Mb iin & mb wenny bagaimana mengembangkan 8 kecerdasan majemuk anak tanpa interferensi & dominasi. Sehingga tdk bertentangan dgn fitrah anak sndri

Jawab
💓Mba,kita orang tua hanya menstimulasi, memfasilitasi, bukan memaksakan, jgn khawatir semua itu akan muncul, pandailah kita berkomunikasi ke anak, jgn buat anak terbebani dgn obsesi2 kita, nt justru fitrahnya jadi rusak dan penuh keterpaksaan

💓Kita sebagai orang tua suka khawatir anak kita gak kayak anak orang lain padahal anak kita beda sama anak orang lain, ingat setiap anak adalah unik

💓Dulu suami saya juga begitu, khawatir anaknya gak bisa begini, gak bisa begitu, padahal anaknya punya kelebihan sendiri dan itu suka tidak dilihat, klu saya bilangnya, beda anak ya beda bakatnya dong say...😬

✏ Anies
Mb in, bagaimana menyuburkan fitrah iman di hati anak2 kita sedangkan sebagai ortu kami masih terbata2 memahaminya?

Jawab
💓Mulai dari kita sebagai orang tua, iman kita dulu dibenahi, jadilah teladan dlm rumah kita utk menyuburkan fitrah imannya, seperti mengajak sholat dll, klu kita sudah baik, inshaa Allah dimudahkan ke anak2 kitanya

✏ Wulan Damayanti
Mba wen, mb in.. saya sdg menargetkan anak 3,5th untuk bisa hijaiyyah sebulan ato 2bln ini, belajar dg bermain, apakah dg target tsb berarti memaksakan, merusak fitrah??

Jawab
💓Mba Iin :Boleh gak salah, karena ada fitrah belajar dalam diri anak, yg penting tidak dipaksakan, dibuat jadi obsesi emaknya nt, giliran target gak tercapai anak stress anak juga stress, stimulannya yg harus menyenangkan

✏ Wulan Damayanti
Nah mb wen, kalau masih brubah² gimana ya mencermatinya. Saya sering main2 ala IMC gitu tapi masih blm jeli mencermati potensinya..anak saya itu tapi bisa lamaaa dan ga bosen2 dg lego atau yg dia bisa nguprek2 bikin2 dr imajinasinya. Kira2 kemana itu arahnya ya mb?

Jawab
💓Mba Iin : Klu msh usia 2-7 thn kenalkan dulu banyak hal padanya, tour de talens, bisa jadi krn baru lego aja yg dikenalkan, jd blm tertarik yg lain, klu msh usia segitu memang msh berubah2 mba, istilahnya msh galau😬

💓Mba Wenny : Gapapa mbak...usia 0-7th mmg usia utk anak memperkaya wawasan, utk itu kita gali rasa ingjn tahunya. Klo anak mbak wulan masih berubah2 berarti dia sedang mengisi rasa ingin tahunya, kita temani dan fasilitasi saja mbak dan ditumbuhkan terus rasa ingin tahu tsb.

💓Klo dari cerita mbak diatas, berarti mbak wulan sdh mencermati potensi/sifat uniknya yaitu suka dengan hal-hal yg berhubungan dengan membangun, suka merancang. Tinggal dituliskan/didokumentasikan saja mbak, spt catatan di buku catatan tumbuh kembang posyandu. Atau kalo saya, saya foto dan buat folder sendiri.

Misal usia 3 th anak saya suka tantrum, anak.saya suka main lego. Dicatat terus sifat2, kegiatan2 yg disuka, nanti akan ketemu polanya. Catatan2 ini yg membantu kita menemukan potensinya.

💓Mba Wenny: Menambahkan ya mbak in, utk itu salah satu tugas kita adalah mencermati potensi2 bakat yg dimiliki, perlu juga mendokumentasikan bakat/sifat unik mulai 0-7th. Selain itu perlu juga Mengenalkan dan mencoba beragam kegiatan dan profesi, sehingga nanti kita bisa menelusuri bakat dan kecerdasannya yg dominan dimana, kemudian bisa kita kembangkan.

✏ Fitri Yuliastuti
Mendokumentasikannya baiknya brp hari sekali mb? Atau pas sifatnya keluar??Tour de talents itu sesuai dg mainan yg kt miliki atau ada panduannya mb? Supaya tau apa sj yg bagus to menstimulusnya

Jawab
💓Mba Iin : Referensi aktifitasnya di variasi. Itu diatas ceklist perkembangan anak 0-7 thn, mudah2 bermanfaat ya. Tiap hari boleh mba, pasti tiap hari ada yg menarik dari si anak, asal emaknya konsisten aja, klu saya msh nomen aja mba, maklum anak udh 4 klu tiap hari emaknya ntar gak masak2😅

💓Mba Wenny: Iya sama kaya mbak in, gak ada aturan berapa hari sekali, yaa sesuai kemampuan ibu masing2. Intinya kita punya catatan dlm perkembangan tiap tahun anak kita, ada catatan2 ttg tumbuh kembangnya.

PENUTUP
Setiap anak tidak ada yg salah dititipkan Allah dalam rahim ibunya, Allah sudah menitipkannya dalam rahim kita satu paket dengan kemampuan mendidiknya, jadi jgn pernah takut utk memulai, utk trus belajar dan berjalan demi anak2 kita karena hanya ibunya yg mampu bukan ibu orang lain

《《《《《《《●●●●●●●●●》》》》》》

Tidak ada komentar:

Posting Komentar